Entri Populer

Jumat, 12 November 2010

Hakikat Bangsa Dan Negara


-->
Standar Kompetensi:
1.            Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kompetensi Dasar:
1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
1.2. Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
1.3. Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
1.4. Menunjukan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

A.  Hakikat Bangsa:
          Manusia adalah sebagai makhluk individu dan sosial. Manusia melakukan interaksi denganyang lainnya dalam masyarakat.
          Bangsa adalah sekelompok orang yang memiliki kehendak untuk bersatu yang terjadi karena adanya persamaan nasib dan tinggal di wilayah tertentu.
Istilah yang dipergunakan untuk menyebut penghuni suatu negara selain istilah rakyat, digunakan pula istilah bangsa. istilah rakyat merupakan pengertian sosiologis. Sedangkan bangsa merupakan  suatu pengertian politis.

Pengertian Bangsa
Menurut:            
a.   Ernest Renant, bangsa adalah sekelompok manusia yang dipersatukan karena   memiliki persamaan sejarah masa lampau dan kesamaan cita-cita untuk masa yang akan datang.
b.   Otto Baur, Bangsa adalah sekelompok manusia yang mempunyai persamaan karakter.
c.    Hand Kohn, mengemukakan bahwa kebanyakan bangsa memiliki faktor objektif tertentu yang membedakan dari bangsa lain.
Berdasarkan uraian tersebut jelas bahwa suatu bangsa tidak selalu terbentuk dari masyarakat yang berasal dari suatu keturunan,satu agama,satu bahasa,dan satu adat istiadat tertentu.            

B.  Hakikat Negara
Menurut:
a.    Roger H. Soltau : “Negara adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama rakyat”.
b.    Logemann mengatakan,” negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang meliputi atau menyatukan kelompok manusia yang kemudian disebut bangsa”.

Menurut Miriam Budiardjo setiap negara mempunyai sifat:
a.    Memaksa,negara mempunyai kekuasaan untuk memakai kekerasan fisik secara legal.
b.    Monopoli,negara mempunyai monopoli dalam menetapkan tujuan bersama dari masyarakat
c.    Mencakup semua,berarti seluruh peraturan perundang-undangan dalam suatu negara berlaku untuk sewmua orang tanpa kecuali.

Unsur-unsur terbentuknya negara adalah:
a.  Unsur Konsitutif:
1.    Penduduk yang menetap
2.     Wilayah
3.    Pemerintahan yang berdaulat

b. Unsur Deklaratif:Pengakuan dari negara lain.
    Pengakuan dari negara lain ada 2 yaitu:
1.    Pengakuan de facto: Pengakuan atas fakta adanya negara
2.    Pengakuan de jure: Pengakuan keberadaan negara itu sah menurut hukum ineternasional

          Menurut Konvensi Montevideo tahun 1933 yang diselenggarakan oleh negara-negara Amerika Latin, unsur-unsur suatu negara adalah: Daerah tertentu, Penduduk yang tetap, Pemerintah, Kesanggupan untuk melakukan hubungan dengan negara lain, dan  Pengakuan.Sekarang mari kita bahas unsur-unsur negara tersebut.
I.          RAKYAT:
Rakyat adalah kumpulan manusia yang hidup bersama dalam suatu masyarakat,meskipun mereka mungkin berasal dari keturunan dan memiliki kepercayaan yang berbeda.
Rakyat merupakan unsur terpenting dalam suatu negara.
Orang yang berada dalam suatu wilayah negara dapat dibedakan antara penduduk dan bukan penduduk; warga negara  dan bukan warga negara (warga negara asing); warga negara asli  dan warga negara keturunan asing.

Penduduk dan Bukan Penduduk.
Penduduk adalah orang yang bertempat tinggal atau berdomisili di wilayah suatu negara, yang biasanya sudah lama tinggal di wilayah tersebut.
Bukan Penduduk, adalah orang yang berada dalam wilayah suatu negara tetapi tidak bermaksud berdomisili di wilayah negara itu.
Perbedaan antara penduduk dan bukan penduduk akan menimbulkan perbedaan hak dan kewajiban.

Warga Negara dan Bukan Warga Negara (WNA)
Penduduk suatu negara dibedakan antara warga negara dan bukan warga negara.
Warga negara adalah semua orang yang berdasarkan hukum menjadi anggota dari suatu negara,dan mengakui pemerintahan sebagai pemerintahnya sendiri.
Bukan Warga Negara (Warga Negara Asing),adalah mereka yang secara hukum tidak menjadi anggota dari suatu negara,dan mereka tidak mengakui negara tersebut sebagai negaranya.

Warga Negara Asli dan Warga Negara Keturunan Asing
Di negara kita hanya warga negara asli yang dapat dipilih menjadi Presiden RI. Warga negara asli adalah warga negara yang karena keturunan/leluhurnya  orang Indonesia asli.
Warga Negara Keturunan Asing,adalah mereka yang statusnya sebagai warga negara dimana leluhurnya / keturunannya berasal dari negara lain.

II.           WILAYAH NEGARA:
Umumnya wilayah suatu negara meliputi:
1. Daratan.
Wilayah daratan suatu negara yaitu daerah di permukaan bumi dalam batas-batas tertentu dan di dalam tanah permukaan bumi.
Adapun batas wilayah darat ditentukan oleh:
a.  Alam; misalnya gunung, laut, lembah,sungai dan danau.
b.  Batas buatan; seperti pagar tembok,kawat berduri,patok.
c.  Batas astronomi/ilmu pasti; misalnya dengan penentuan garis lintang dan garis bujur.

2.Lautan
Terdapat 2 konsep kelautan yang bertentangan, yaitu:
a.    Res Nullius,  yaitu konsep yang menyatakan bahwa laut tidak ada pemiliknya,karena itu laut dapat diambil dan dimiliki tiap negara.
b.    Res Communis, yaitu suatu konsepsi kelautan yang menyatakan bahwa laut adalah milik bersama masyarakat dunia, karena itu tidak dapat dimiliki atau diambil tiap negara.

Dalam praktek kenegaraan sekarang, kedua konsep itu sering diterapkan bersamaan dalam batas tertentu, artinya bagian laut tertentu yang berbatasan dengan wilayah daratan suatu negara dapat dianggap sebagai bagian wilayah negara tersebut. Sedangkan lautan yang jauh dari daratan dianggap sebagai laut bebas dan dimiliki bersama.
Lautan  yang termasuk wilayah suatu negara disebut  laut teritorial, sedangkan diluar laut teritorial disebut laut terbuka.

Menurut Konvensi Montegobay Jamaika, yang diselenggarakan oleh PBB dengan dihadiri 119 peserta pada tanggal 10 Desember 1982, batas laut adalah:
a.      Batas Laut Teritorial jaraknya sampai 12 mil laut diukur dengan garis lurus dari titik pulau terluar pada saat air laut surut.
b.     Batas Zona Bersebelahan sejauh 24 mil laut dari pantai, atau 12 mil laut dari batas laut teritorial.
c.      Batas Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) batasnya adalah 200 mil laut diukur dari pantai.Dalam wilayah ini negara pantai yang bersangkutan berhak menggali kekayaan laut, serta melakukan kegiatan ekonomi tertentu, tetapi negara lain bebas berlayar,terbang atau memakabel di bawah lautan, tetapi kapal asing tidak boleh menangkap ikan.
d.     Batas Landas Benua landas benua adalah wilayah laut suatu negara lebih dari 200 mil laut. Dalam wilayah ini negara pantai boleh mengadakan eksplorasi dan eksploitasi asal membagi sebagian keuntungan kepada masyarakat internasional

3.     Wilayah Udara wilayah udara suatu negara adalah wilayah yang berada di atas wilayah daratan dan lautan negara itu. Berdasarkan perjanjian yang diadakan di Havana tahun 1928 yang diikuti 27 negara, menentukan bahwa tiap negara berkuasa penuh atas udara di wilayahnya. Perjanjian serupa sebelumnya pernah di selengggarakan di Paris Perancis tahun 1919. Di Indonesia,menurut UU No.20 tahun 1982, wilayah kedaulatan dirgantara yang     termasuk orbit geostationer adalah 36.000 km.
4.     Wilayah EkstrateritorialYaitu wilayah suatu negara yang berada di wilayah negara lain. Contohnya; kantor perwakilan diplomatik suatu negara yang berada di negara lain, kapal laut yang sedang berlayar di atas laut bebas atau kapal udara suatu negara yang terbang di atas laut bebas.

III.          PEMERINTAH YANG BERDAULAT  

Unsur ke tiga dari negara adalah pemerintah yang berdaulat.
1. Pengertian Pemerintah
Istilah pemerintah merupakan terjemahan dari Government (Inggris) atau Gouvernement (Perancis), keduanya berasal dari bahasa Yunani yaitu Kuberman, yang berarti mengemudikan kapal. Kalau demikian apa yang dimaksud  dengan pemerintah? Pemerintah  adalah seorang atau beberapa orang yang memerintah menurut hukum negaranya.
Menurut Utrech, istilah pemerintah meliputi tiga pengertian yang berbeda,yaitu
a.    Pemerintah sebagai gabungan dari semua badan kenegaraan atau alat perlengkapan    negara yang berkuasa memerintah dalam arti luas, meliputi badan yang membuat peraturan (legislatif), menjalankan peraturan ) eksekutif, dan mempertahankan peraturan (yudikatif).
b.    Pemerintah sebagai badan kenegaraan tertinggi yang berkuasa memerintah di wilayah suatu negara atau kepala negara. Contoh: Raja di Saudi Arabia, Presiden di Indonesia.
c.    Pemerintah sebagai badan eksekutif, berarti kepala pemerintahan bersama para menterinya. Contoh: di Indonesia, yaitu Presiden yang dibantu  oleh para menteri.
Pemerintahan mempunyai dua pengertian dalam arti sempit dan luas.
Pemerintah dalam arti luas meliputi semua lembaga tertinggi dan tinggi negara, meliputi badan eksekutif,legislatif, dan yudikatif.
Pemerintah dalam arti sempit, hanya meliputi badan eksekutif,yaitu presiden yang dibantu oleh menteri-menteri.

2. Kedaulatan
a. Pengertian Kedaulatan
Istilah kedaulatan  merupakan terjemahan dari bahasa Inggris sovereignty, yang dalam bahasa Perancis disebut souverainete, dan dalam bahasa Italia disebut sovranus, yang diturunkan dari kata Latin superanus yang berarti tertinggi. Kedaulatan berarti kekuasaan tertinggi atau kekuasaan yang tidak terletak di bawah kekuasaan lain.
Kedaulatan tidak dapat dipisahkan dari negara, karena negara sebagai organisasi memiliki kekuasaan. Ahli negara berkebangsaan Perancis,Jean Bodin berpendapat bahwa apabila negara tanpa kekuasaan, berarti tidak ada negara. Beliau memandang kedaulatan sebagai atribut negara dan sifat khas negara yang membedakan negara dengan persekutuan lain.Jean Bodin memandang kedaulatan dari aspek internnya atau kedaulatan ke dalam, berbeda dengan Grotius yang memandang kedaulatan dari aspek eksternnya atau kedaulatan ke luar. kedaulatan ke dalam, yaitu kekuasaan tertinggi untuk memaksa rakyatnya agar mematuhi peraturan negara. Kedaulatan  ke luar, yaitu kekuasaan untuk mempertahankan kemerdekaan dari serangan negara lain.

b.   Sifat Kedaulatan
              Menurut Jean Bodin  kedaulatan memiliki 4 sifat, yaitu:
  1. Asli, berarti kedaulatan tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi.
  2. Tidak terbagi-bagi, berarti kedaulatan merupakan satu-satunya kekuasaan yang tertinggi dalam negara.
  3. Tidak Terbatas, berarti kedaulatan tidak bisa dibatasi oleh siapa pun.
c.   Macam-macam kedaulatan:
1.    Teori kedaulatan Tuhan mengajarkan bahwa negara dan pemerintah mendapat kekuasaan tertinggi dari Tuhan. Pelopornya antara lain: Augustinus, Thomas Aquino, Hegel, dan F.J. Stahl.
2.    Teori kedaulatan Raja mengajarkan bahwa kekuasaan dalam negara dipusatkan pada satu tangan yaitu raja atau kaisar. Tokohnya antara lain Machiavelli, Tomas Habbes.
3.    Teori kedaulatan rakyat, berpandangan bahwa kedaulatan itu berada di tangan rakyat atau rakyatlah yang berdaulat, sedangkan penguasa atau raja hanya merupakan pelaksana dari apa yang telah diputuskan atau dikehendaki oleh rakyat. Penganjurnya antara lain: John Locke, dan J.J Rousseau, Montesquieu
4.    Teori kedaulatan Negara, berpandangan bahwa kekuasaan tertinggi terletak pada negara. Tokohnya antara lain Jellinek, Paul Laband.
5.    Teori kedaulatan hukum, disebut juga nomokrasi, adalah suatu teori yang menyatakan bahwa kekuasaan tertinggi dalam suatu negara adalah hukum itu sendiri. Tokohnya antara lain Hugo Krabe, LEon Duguit dan Immanuel Kant.

C.  Asal mula terjadinya negara
          Ada beberapa teori tentang asal mula terjadinya negara diantaranya:
  1. Teori perjanjian masyarakat Negara terbentuk berdasarkan perjanjian-perjanjian masyarakat.
  2. Teori Ketuhanan (doktrin teokratis) Negara terbentuk oleh Tuhan, pemimpin negara hanya bertanggung jawab kepada Tuhan. Pelanggaran terhadap kekuasaan raja merupakan pelanggaran terhadap Tuhan. Penganut teori ini Thomas Aquinas.
  3. Teori Kekuasaan Negara adalah hasil dominasi dari kelompok yang kuat terhadap kelompok yang lemah. Penganutnya Ludwig Gumplowit dan Franz Oppenheimer. TeoriOrganis Negara dianggap organisme hidup, manusia atau binatang. Penganutnya Nicholas dan J.W.Schelling.
  4. Teori Historis/teori evolusionostis .Negara terjadi secara evolusioner sesuai kebutuhan manusia.
Menurut George Jellinek Negara terjadi secara primer dan secara sekunder.Terjadinya negara secara primer mengkaji terjadinya negara mulai dari masyarakat yang sederhana (primitif),meningkat menjadi negara sekarang ini (negara modern). Terjadinya negara secara primer melalui 4 tahapan, yaitu:
a.      Persekutuan masyarakat (Genootschap)
b.     Kerajaan (Rijk)
c.      Negara (Staat)
d.     Negara demokrasi (Democratische Natie)

D. Hilang atau Lenyapnya Negara
Ada beberapa teori tentang hilang atau lenyapnya negara, yaitu:
1.    Teori Organis berpandangan bahwa suatu negara pada saat tertentu akan lenyap seperti suatu organisme hidup. Tokohnya Herbert Spencer, F.J.Schmitthenner,Constantin Frantz, dan Bluntschi.
2.    Teori Anarkis.Teori ini berkeyakinan bahwa pada suatu saat negara pasti akan lenyap dan muncul masyarakat yang penuh kebebasan, kemerdekaan, tanpa paksaan, tanpa pemerintahan, dan tanpa negara. Penganut teori ini: William Godwin, Joseph Proudhon, Kropotkin,dan Michael Bakounin.
Selain teori diatas,hilang atau lenyapnya negara dapat disebabkan oleh 2 faktor, yaitu:
a.    Faktor Alam,suatu negara hilang disebabkan oleh alam seperti gunung meletus dan pulau      yang tenggelam.
b.    Faktor Sosial, suatu negara hilang disebabkan faktor sosial seperti adanya revolusi (kudeta yang berhasil), penaklukan, persetujuan, penggabungan.

E. Bentuk-bentuk Kenegaraan.
1.    Negara kesatuan ialah negara yang merdeka dan berdaulat di mana di seluruh negara yang berkuasa hanyalah satu pemerintah pusat.
2.    Nergara serikat adalah negara bersusun jamak, karena terdiri dari negara-negara bagian, disini urusan negara di bagi menjadi dua yaitu secara terperinci (limited) diberikan kepada pemerintah federal (delegated powers) dan sisanya menjadi urusan negara bagian.
3.    Negara dominion adalah negara yang semula bekas jajahan Inggris yang setelah merdeka dan berdaulat tetap mengakui raja Inggris sebagai lambang persatuan mereka.
4.    Negara Protektorat adalah negara yang berada di bawah lindungan negara lain.
5.    Uni adalah dua negara atau lebih yang masing-masing merdeka dan berdaulat akan tetapi mempunyai satu kepala negara yang sama.
F. Pengertian, Fungsi dan Tujuan NKRI
a.    Pengertian NKRI terdapat dalam UUD 1945 pasal 1, diperkuat dengan pasal 18 ayat1UUD 1945.
b.    Fungsi dan tujuan NKRI Menurut Miriam Budiardjo, setiap negara melaksanakan fungsi:
  1. Penertiban untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah bentrokan-bentrokan dalam masyarakat
  2. Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya
  3. Pertahanan untuk menjaga serangan dari luar.
  4. Menegakan keadilan melalui badan-badan keadilan.
Tujuan NKRI terdapat dalam pembukaan UUD 1945 aline 4.

G. Semangat kebangsaan
     Makna patriotism menurut KUBI: sikap dan semangat yang sangat cinta kepada taha air sehingga berani berkorban jika diperlukan oleh negara.





































Latihan 1
Kerjakan Soal –soal di bawah ini!

1.            Bangsa adalah……
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
2.            Menurut Ernest Renan syarat bangsa adalah....
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.            Menurut Otto Bauer yang disebut bangsa adalah....
................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.            Menurut Ben Anderson bangsa adalah....
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.            Sebutkan 3 unsur pokok dari pengertian bangsa menurut Ben Anderson..............................
a.    ....................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.    ....................................................................................................................................................................................................................................................................................
c.    ..........................................................................................................................................

Latihan 2

1.            Menurut Franz Magnis-Suseno, negara adalah......................................................................
................................................................................................................................................
2.            Menurut Austin Ranney, ada 4 perbedaan negara dengan organisasi lainnya, yaitu.............
a.            …………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………..............
b.            ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
c.            ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
d.            ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.            Menurut Miriam Budiardjo negara mempunyai sifat…..
a.            …………………………………………………………………………………………..
b.            …………………………………………………………………………………………..
c.            …………………………………………………………………………………………..
4.            Unsur-unsur terbentuknya negara, menurut konvensi Montevideo    1933,adalah…………...
a.            …………………………………………………………………………………………..
b.            …………………………………………………………………………………………..
c.            …………………………………………………………………………………………
d.            …………………………………………………………………………………………
5.            Ada 4 unsur negara. Dapat dikelompokan menjadi 2 yaitu….
a.            ………………………………………………………………………………………......
b.            …………………………………………………………………………………………
6.            Yang termasuk unsur konstitutif negara adalah….
a.            …………………………………………………………………………………..............
b.            …………………………………………………………………………………………
c.            ………………………………………………………………………………………….
d.            …………………………………………………………………………………………
7.            Yang dimaksud dengan pengakuan defacto dan de dejure adalah….
De facto………………………………………………………………………………….....
...............................................................................................................................................
De Jure....................................................................................................................................
................................................................................................................................................


Latihan 3.

1.            Jelaskan teori tentang asal mula terjadinya negara ?
a.            ....................................................................................................................................................................................................................................................................................
  1. ....................................................................................................................................................................................................................................................................................
  2. ....................................................................................................................................................................................................................................................................................
  3. ..........................................................................................................................................
  4. ....................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.            Jelaskan bentuk-bentuk kenegaraan ?
  1. ....................................................................................................................................................................................................................................................................................
  2. ....................................................................................................................................................................................................................................................................................
  3. ....................................................................................................................................................................................................................................................................................
  4. ....................................................................................................................................................................................................................................................................................
  5. ........................................................................................................................................
3.            Sebutkan isi pasal 1 UUD 1945 ?
................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.            Sebutkan isi pasal 18 ayat 1 UUD 1945?
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.            Sebutkan fungsi negara menurut Miriam Budiardjo ?
  1. ..........................................................................................................................................
  2. .........................................................................................................................................
  3. ..........................................................................................................................................
  4. ..........................................................................................................................................
6.            Sebutkan tujuan NKRI sesuai pembukaan UUD 1945 aline 4 ?
  1. ..........................................................................................................................................
  2. ..........................................................................................................................................
  3. ..........................................................................................................................................
  4. ..........................................................................................................................................
7.            Jelaskan makna patriotisme ?
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................











Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar